Latar Belakang Training ISO 37001:2016

Pada tahun 2016, standar ISO 37001 diterbitkan. Ini menetapkan standar yang berlaku secara internasional yang dapat digunakan perusahaan untuk mengesahkan manajemen anti-korupsi mereka. Sertifikasi tersebut memungkinkan perusahaan untuk secara efektif mencegah dan memerangi korupsi dan membuktikan komitmen ini dengan sertifikat yang diakui secara global yang dikeluarkan oleh badan independen.

Manfaat Training ISO 37001:2016

  • Mengurangi risiko korupsi di perusahaan
  • Kepercayaan yang lebih besar di antara semua pemangku kepentingan
  • Keunggulan kompetitif yang lebih besar dalam tender
  • Bukti yang diakui untuk penyelidikan oleh pihak berwenang

ISO 37001: Standar penting untuk memerangi korupsi

Publikasi ISO 37001 pada tahun 2016 menggantikan standar Inggris BS 10500, yang telah digunakan di seluruh dunia hingga saat itu. Standar ISO mencakup semua persyaratan yang harus dipenuhi oleh sistem manajemen pencegahan dan pemberantasan korupsi. Selain itu, standar tersebut berisi deskripsi komprehensif tentang opsi tindakan bagi perusahaan untuk secara proaktif memerangi korupsi.

Sertifikasi ISO 37001 dikembangkan sedemikian rupa sehingga, pada prinsipnya, setiap perusahaan yang ingin secara proaktif mencegah dan memerangi korupsi dapat menjalani audit. Karena standar mengikuti struktur yang sama dengan ISO 9001 atau ISO 14001, persyaratan tersebut dapat dipenuhi dengan sedikit usaha tambahan dan diintegrasikan ke dalam sistem manajemen yang ada.

Semua tindakan yang diperlukan mengikuti pedoman anti-korupsi yang berlaku secara global dan memenuhi semua persyaratan hukum. Isi standar berkaitan baik dengan suap oleh karyawan perusahaan, oleh perusahaan itu sendiri, dan korupsi yang berasal dari mitra bisnis atau perusahaan afiliasi.

Persyaratan ISO 37001

Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 37001, perusahaan atau organisasi Anda harus memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya, diperlukan kebijakan khusus untuk memerangi penipuan dan korupsi.

Selain itu, Anda diminta untuk mengembangkan tindakan anti-korupsi khusus serta tindakan pencegahan penipuan. Langkah-langkah ini harus diawasi oleh manajer kepatuhan yang ditunjuk oleh Anda. Dengan demikian, posisi seperti itu harus diciptakan jika belum ada.

Semua karyawan harus dilatih dan dididik tentang topik “korupsi” untuk sertifikasi ISO 37001. Hal ini untuk memastikan bahwa pencegahan fraud menjadi bagian dari budaya perusahaan dalam jangka menengah. Penting juga untuk menerapkan uji tuntas dan berhati-hati dalam transaksi atau proyek moneter, serta dalam pemilihan mitra bisnis dan karyawan.